Sabtu, 21 Mei 2011

Inikah rasanya? pengalaman pertama cuy

Auhhhh aihhhhh enak bangetttt....
Aman.....cepet banget keluarnya
cepet banget selesainya....
gak sampe 5 menit dah kelar semuanya
Apaan sich?




Ini lhooo pakai ban tubeles.... :D
Bagi kalian yang suka touring baik yang menggunakan motor bebek atau motor cowok, aku rekomendasikan untuk memakai ban tubeles. Terserah mau pakai merk apa aja semuanya hampir sama namun beda *pie toh karepe
Kenapa merasa aman pakai ban tubeles? dikarenakan kestabilan ban tubeles lebih terjaga, apalagi kalau terkena benda tajam seperti paku. Nah kalau perjalanan jauh kan banyak rintangan, mulai jalan yang bergelombang hingga paku - paku dan beling. Dengan ban tubeles ini kalian akan aman dan gak perlu mengkhawatirkan "ada tukang tambal ban atau tidak". Sifatnya ban tubeles ini adalah menunda beberapa waktu agar ban tidak kempes langsung pada saat terkena benda tajam, karna komponen ban tubeles itu sendiri yang sangat rapat.
Daripada nyelimur terus , mending aku ceritain pengalamanku pakai ban tubeles.
Semenjak pakai hepong, udah hampir 3thn gak pernah nambal ban 1x pun, kecuali hanya nambah angin aja.
Ban depan & belakangku uda pakai tubeles , depan memakai merk FDR 90/80-17 (dulunya Battlax BT39 90/80-17) , sedangkan belakang aku menggunakan Battlax BT45 120/80-17.
Awalnya roda depan pakai BT39 karna masih sering dipakai nyentul sama pemilik lawas hepong, karna sekarang berpindah tangan sama aku yang nomaden jarang banget balap (walopun terkadang yho kumat pengen balap) akhirnya aku pakai FDR bukan spek untuk balap melainkan touring, dan juga BT39 masih mahal IDR600rb sedangkan FDR cuma 300rb heheee...
Pengalaman diterjang paku, ban depan 1x pada saat masih pakai BT39 namun aku biarin sampek lama banget hingga hilang tuh paku. Bukan lepas dari ban, tapi masuk ke dalam sampai tempurung pakunya tipis tergerus oleh aspal qiqiqiqiqi. Kemudian alesan ganti FDR juga karna BT39 ku udah tua, tidak empuk alias udah waktunya ganti.
Penglaman kedua di entup paku pada saat abis nganterin Liy pulang naek bis, sepulang nganterin dia aku liat ban belakangku ada paku nancep berdiameter 5mm *mak gede amat....
Tapi panjangnya aku gak tau berapa. Nah ini dia keunggulan tubeles, aku biarin selama 3bln baru kerasa kempes ban ku ahahaha, itu disebabkan paku terlalu besar, tidak habis di gerus oleh aspal sehingga mengkoyak-koyak ban ku kemudian paku menjadi longgar dan keluar dari ban. Dan akhirnya cessssssssssssss....
Kejadian kempes ini awalnya udah terasa pada saat malem sebelum aku jalan2 bersama Liy, malemnya aku persiapin hepong untuk se-fit mungkin. Diantaranya adalah menambah angin di ban. Sebelumnya aku rasa-rasain ban belakang kok terasa berat dan kalau di tikungan agak miring seperti mau lepas ban, wah mungkin kempes akhirnya aku tambahkan angin, ternyata benar memang anginnya kurang. Entah kenapa keesokan harinya saat lagi bonceng Liy menapaki jalan berbatu, hepong kembali terasa berat di ban belakang dan mulai gak center jalannya. Perasaanku mulai gak enak, ini daerah pegunungan, gak mungkin ada tempat tambah angin. Setelah sampai di tujuan aku liat ban belakang hepong ternyata anginnya berkurang lagi, wah pasti nih gara2 bocor alus yang diakibatkan oleh paku. Dengan sisa angin yang ada di ban, sewaktu pulang bissmillah mudah2an ada bengkel untuk tambah angin. Alhamdulillah baru 1km ada bengkel, kita isi angin si hepong eh kok malah keluar tuh paku, bikin hepong tambah kehilangan angin. Aku ngobrol sama orang bengkelnya :
aku : mas bisa tambal tubeles?
bengkel : bisa mas, tapi untuk mobil bukan motor, kalau yang buat motor habis
aku : emang beda penanganan ya?
bengkel : beda karetnya mas, karetnya mobil lebih besar, jadinya g rapi kalau di motor
aku : semisal aku pake itu dulu kemudian nanti saya ganti karetnya motor bisa ndak?
bengkel : bisa aja tapi susah
aku : wah , disini dimana lagi ada bengkel?
bengkel : coba samean lurus aja terus mas, 100mtr lagi ada bengkel kiri jalan kali aja disitu ada
aku : mampu ndak nih motor jalan 100mtr sedangkan paku uda keburu keluar gini?
bengkel : bisa paling mas

Akhirnya paku yang keluar tadi dimasukin lagi ke lobangnya semula, sementara itu Liy ku sayang malah asyik liat bajing yang katae lucu, hadehhhhh .... minta dibeliin pula :D kamu tuh aneh2 aja qiqiqiqi.
Bissmillah berangkat lagi berharap angin di roda belakang hepong bertahan sampai di bengkel, alhamdulillah ternyata masih bisa hingga sampai di bengkel kedua. Di bengkel tersebut aku pertama kali melihat proses tambal ban tubeles.
1. paku di cabut, sumbat dengan penopang yang lebih besar agar angin tak keluar
2. siapkan karet tambal tubeles, bentuknya kayak karet mainan anak2
3. lepas penopang masukin karet tadi hingga ke dalam
4. tembak dengan alat , aku gak tau alat itu apa yang jelas ada yang ditembak dengan alat tersebut

kurang dari 2menit , ban udah gak bocor lagi, pakunya ajegile diameter 5mm dengan panjang 10cm, paku sampe bengkok karna berbenturan dengan velg ban. Alhamdulillah pengalaman pertama tambal ban setelah 3thn bersama hepong. Liy dan kawan2 kaget pada saat aku ceritain kalau paku itu udah ada di ban selama 3bulan lamanya qiqiqiqi , tenggang waktunya pada saat nganterin Liy naek bis sampai pada saat hari kempes itu adalah 3bln.


+yophyu+

0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites